PENDAHULUAN
Sebelum menyusun RPP, guru seharusnya membaca, memahami, menghayati, dan
memperhatikan secermat-cermatnya mengenai:
1. kurikulum yang sedang berlaku (misalnya kurikulum tingkat satuan pendidikan
atau KTSP), dengan harapan guru dapat memahami rasional, pengertian, fungsi
dan tujuan, ruang lingkup, standar kompetensi dan kompetensi dasar, materi
pokok, pengalaman belajar, serta cara-cara, proses, dan prosedur evaluasi hasil
belajar yang ditetapkan oleh kurikulum
2. buku-buku kependidikan dan keguruan, dengan harapan guru dapat memahami
konsep-konsep psikologi pendidikan, teori belajar dan perkembangan mental,
model, pendekatan, dan metode pembelajaran, media pembelajaran, serta
konsep-konsep evaluasi hasil belajar
3. buku-buku pelajaran untuk SMK, atau buku-buku
pelajaran di perguruan tinggi; dengan harapan guru mampu memahami hakikat
ilmu yang diajarkan dan memilih materi pelajaran sebagai referensi
4. jurnal atau majalah kependidikan, dengan harapan guru dapat memperoleh
wawasan pengembangan pembelajaran dan evaluasi hasil belajar atau implikasi
praktis teori dan temuan penelitian, serta
5. situasi, kondisi, dan kemampuan sekolah, dengan harapan guru dapat
memahami lingkungan sekolah, media pembelajaran yang ada di sekolah,
kemampuan murid, serta metode apa yang akan digunakan dalam pembelajaran.
Dengan menggunakan RPP, guru seharusnya dapat mengajar yang mendidik;
sehingga dapat menumbuhkembangkan ranah kognitif, afektif, psikomotorik,
kreativitas, kemandirian, serta ranah keimanan dan ketaqwaan murid-muridnya.
Dengan demikian, perkembangan kognitif, afektif, psikomotorik, keimanan, dan
ketaqwaan murid menjadi tanggung jawab guru di sekolah atau madrasah.
Berikut mungkin bisa di gunakan untuk perbendaharaan RPP SMK untuk para guru smk monggo tinggal klik saja anda bisa mendownload:
No comments:
Post a Comment